SELAMAT DATANG DI WEBLOG RIO

SELAMAT MENJELAJAHI WEBLOG RIO

Rabu, 22 Februari 2012

Beasiswa Unggulan Kemendiknas 2012 telah dibuka

Dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa Indonesia dalam segala bidang, khususnya mutu pendidikan dan pengembangan potensi sumber daya daerah yang dinilai masih sangat rendah, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) mencanangkan Program Beasiswa Unggulan tingkat nasional dan internasional sejak tahun 2006.
Beasiswa Unggulan adalah pemberian bantuan biaya pendidikan oleh pemerintah Indonesia atau pihak lain berdasarkan atas kesepakatan kerja sama kepada putra-putri terbaik bangsa Indonesia dan mahasiswa asing terpilih.
Pemberian Beasiswa Unggulan kepada putra-putri terbaik bangsa Indonesia dan mahasiswa asing di atas disalurkan melalui lembaga atau instansi pengusul, antara lain: perguruan tinggi, lembaga penelitian, lembaga kemasyarakatan, industri, dan instansi pemerintah lainnya dalam kerangka menyiapkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif (Insan Kamil/Insan Paripurna) sesuai dengan visi pendidikan nasional 2025. Selain melalui lembaga atau instansi pengusul, pengajuan Beasiswa Unggulan juga dapat dilakukan secara perorangan.
Ketentuan Sasaran Program
Peserta program Beasiswa Unggulan berasal dari putra-putri terbaik bangsa Indonesia dan mahasiswa asing terpilih. Adapun status mereka dapat sebagai staf Pemda, KEMDIKNAS, pegawai/karyawan berprestasi maupun bagi yang baru lulus dari perguruan tinggi.
Hasil seleksi berdasarkan kriteria standar dari KEMDIKNAS dan Perguruan Tinggi Penyelenggra, antara lain berupa seleksi berkas data pribadi, TPA, TOEFL atau sejenisnya (IELTS, zDAF, dll) dan tes wawancara yang ditujukan untuk menguji kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual.
Program Beasiswa Unggulan diharapkan mampu mencapai target dan tepat sasaran yang telah ditetapkan oleh KEMDIKNAS seperti uraian di atas, yaitu memberikan beasiswa kepada mereka yang termasuk dalam salah satu kategori unggulan dan memiliki prestasi dengan ketentuan sebagai berikut:
1.  Lulusan terbaik dari Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Kejuruan, Pondok Pesantren, Perguruan Tinggi yang diusulkan dan direkomendasikan oleh Lembaga Pendidikan, Pemerintah Pusat atau Daerah (Propinsi dan Kabupaten/Kota), masyarakat (Asosiasi Profesi/LSM) dan industri;
2. Pemenang Lomba IPTEK/Lomba Karya Ilmiah Remaja tingkat nasional dan internasional;
3. Pemenang Lomba LKS (Lomba Kompetensi Siswa) tingkat nasional dan internasional;
4. Pemenang Lomba Olimpiade tingkat nasional dan internasional;
5. Pemenang Lomba Bidang Olahraga/Seni/Bahasa/Sains tingkat nasional dan internasional;
6. Aktivis mahasiswa yaitu pengurus organisasi kemahasiswaan, antara lain UKM, BEM, Senat, Himpunan Mahasiswa dan lain-lain;
7. Guru berprestasi;
8.  Pegawai dan karyawan berprestasi.
Catatan untuk juara olimpiade dapat menerima Beasiswa Unggulan asal tidak bertentangan dengan Permendiknas nomor 62 tahun 2009 tentang Pemberian Beasiswa Kepada Peserta Didik Jenjang Pendidikan Menengah dan Tinggi Peraih Medali Olimpiade Sains Internasional.
WAKTU PENDAFTARAN
Pendaftaran Beasiswa Unggulan dibuka mulai tanggal 1 Januari 2012 s.d. 31 Desember 2012 untuk pendaftaran perorangan. Sedangkan pelamar yang melalui perguruan tinggi mengikuti jadwal program studi penyelenggara di masing-masing perguruan tinggi dan sesuai jenjang pendidikannya.
Bentuk Beasiswa Unggulan
Peserta program Beasiswa Unggulan yang lolos seleksi baik di perguruan tinggi penyelenggara maupun dari Sekretariat Beasiswa Unggulan akan menerima beasiswa dalam bentuk salah satu dan/atau kombinasi dari sebagai berikut: (1) Biaya hidup, (2) Biaya pendidikan, (3) Biaya buku, (4) Biaya penelitian, (5) Biaya publikasi ilmiah, (6) Tunjangan prestasi, (7) Tunjangan kreatifitas, (8) Bantuan beasiswa bagi peneliti, penulis, pencipta, seniman, wartawan, olahragawan dan tokoh yang disalurkan melalui P3SWOT, (9) Biaya transportasi/tiket pesawat untuk melakukan kegiatan ke atau dari luar negeri, (10) Biaya asuransi kesehatan, (11) Biaya kedatangan dan kepulangan, (12) Biaya tunjangan awal/akhir program, (13) Biaya matrikulasi, (14) Biaya operasional dan biaya-biaya lainnya (untuk berlangganan internet, sewa komputer, dll).
Jenis Beasiswa Unggulan
Berdasarkan Permendiknas tentang Beasiswa Unggulan, jenis beasiswa yang diberikan terdiri dari :
a.  Beasiswa Unggulan Program Sarjana, yaitu beasiswa diperuntukkan untuk lulusan berprestasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat.
b.  Beasiswa Unggulan Program Magister diperuntukkan untuk lulusan Sarjana (S1) atau sederajat  yang memenuhi persyaratan tertentu untuk melanjutkan pendidikan di tingkat magister pada bidang studi dan konsentrasi yang berlaku di lingkungan KEMDIKNAS. Bagi aktifis mahasiswa bila memenuhi kriteria yang dipersyaratkan dapat menggunakan jalur ini untuk jenjang pendidikan selanjutnya.
c. Beasiswa Unggulan Program Doktor diperuntukkan untuk lulusan Magister (S2) atau yang sederajat yang memenuhi persyaratan tertentu untuk melanjutkan pendidikan di tingkat doktor pada bidang studi dan konsentrasi yang berlaku di lingkungan KEMDIKNAS.
d. Beasiswa Tunjangan Kreatifitas diperuntukkan untuk peserta didik pemenang kejuaraan tingkat internasional dalam berbagai bidang (vokasi, olahraga, seni dan sains).
e. Beasiswa mahasiswa asing (Palestina, dll) merupakan program khusus untuk mahasiswa asing dan diutamakan untuk negara Palestina, dll. Program ini digunakan untuk menstimulus program studi yang menyelengarakan gelar ganda dan kembaran.
f. Beasiswa untuk studi lanjut bagi olahragawan berprestasi tingkat nasional dan internasional serta pemenang olimpiade sains, seni dan iptek.
g. Beasiswa Ulung merupakan program khusus untuk akselerasi penyelenggaran Fasttrack Program di dalam dan luar negeri dalam jenjang S1 hingga S3.
h. Beasiswa kemitraan dengan pihak industri terkait yang peduli di dunia pendidikan seperti BU-CIMB Niaga, BU-BRI (Beasiswa Nusantara), dll.
i.  Beasiswa Unggulan untuk Peneliti, Penulis, Pencipta, Seniman, Wartawan, Olah Ragawan dan Tokoh (P3SWOT) diberikan berdasarkan profesi pelamar dan tidak memperhatikan jenjang pendidikan.
j. Beasiswa kemitraan alumni digunakan untuk pembinaan alumni program Beasiswa Unggulan jenjang pendidikan Sarjana (S1) atau sederajat, magister (S2) dan doktor (S3).
k. Beasiswa bidang kajian khusus seperti Akuntasi Pemerintahan merupakan program khusus untuk bidang kajian akuntasi pemerintah. Hal ini diperlukan untuk mendukung terciptanya pemerintah yang akuntabel (Good Governance). Bidang Energi terbarukan diperuntukkan untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia yang memahami energy terbarukan di Indonesia, dan bidang kajian Gametech diperuntukkan untuk penyediaan sumber daya manusia yang menguasai teknologi khususnya mengarah ke edutaiment.
Untuk info lebih lanjut, silahkan download buku panduan beasiswa unggulan Kemdiknas (sekarang berubah nama jadi Kemdikbud) di  http://beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id/
Sumber: http://beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id/

5 komentar:

HARAKIRI ( RIO ) mengatakan...

menyusun proposal usulan skripsi / karya akhir / thesis / disertasi. tuliskan rencana tema/judul, usulan proyek akhir skripsi (untuk beasiswa program D3/D4/S1), thesis (untuk beasiswa program S2), disertasi (untuk beasiswa program S3) yang berkaitan dengan pengembangan potensi daerah anda. ( mohon berkas usulan dilampirkan di lembar akhir form aplikasi dalam bentuk proposal). contoh proposal dapat dilihat disini klik untuk download.
menyusun pengajuan rincian biaya selama kuliah yang didalamnya termasuk uang semester, uang praktikum, dan lain lain.
sebelum mengajukan beasiswa harus terlebih dahulu memiliki LOA (Letter of Acceptance) dari kampus yang dituju. LOA ini adalah surat keterangan yang berisi memo atau catatan kesanggupan pihak kampus bersangkutan untuk menerima kita sebagai mahasiswa penerima beasiswa unggulan di kampus tersebut. untuk mahasiswa yang sudah kuliah, LOA ini bisa digantikan dengan surat aktif kampus. untuk sampel LOA dapat dilihat disini.

Rossi mengatakan...

mas rio@ jika mhsiswa s1 msh d smster 2,ap perlu jg mnyusun proposal usulan skripsiny...??
tq infony masrio :)

Ahmad Musa Said mengatakan...

CONTOH PROPOSALNYA MANA MAS?

In'am Arzaqi Mahbuby Boby mengatakan...

saya sbnarnya pngen dapet beasiswa itu bwt lanjut k S2
tp gmna cranya bang???
sdangkan sya cuma pernah jdi ketua umum di Orda (organisasi daerah) di kampus. gag ada prestasi sma skali

Farah mengatakan...

adakah contoh proposal?